Asam urat, yang sering disebut sebagai arthritis gout ini, walaupun tidak sama dengan penyakit kebanyakan di daerah timur, akan tetapi apabila diambil dari sisi sindromnya, maka ada sebuah penyakit di pengobatan thibbun nabawi yang disebut sebagai “عرق النسا” (‘irqunnasa. Dan terkadang, ‘Irqunnasa meliputi asam urat, walaupun asam urat tidak bisa dikaitkan dengan ‘irqun nasa.

Al-Imam Ibnu Majah dalam Sunan-nya meriwayatkan dari Muhammad bin Sirinrahimahumallah, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda:

شفاء عرق النسا ألية شاة أعرابية تذاب ثم تجزأ ثلاثة أجزاء ثم يشرب على الريق في كل يوم جزء

“Obat ‘irqun nasa adalah (lemak) ekor domba pedalaman (dari Arab), kemudian ditumbuk dan direbus, dicairkan, kemudian dibagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian diminum pagi, siang, dan sore (saat perut masih kosong).” (H.R. Ibnu Majah: 3463)

Irqun nasa adalah sakit yang dimulai dari sendiri, sebagaimana yang kita ketahui asam urat juga terjadi di persendian untuk salah satu gejalanya. Adapun gejala ‘irqun nasa adalah sakit yang dimulai dari sendi pangkal paha, kemudian turun ke bawah, melalui bagian belakangnya, terkadang nyerinya turun sampai mata kaki, dan selagi masih sakit maka dia akan bertambah nyerinya, dan jika bertambah lama maka semakin menjalar sakit tersebut.